Sambutan Kepala RA Yayasan Mahad Al Istiqlal Karawang

By Irfan 20 Mar 2020, 11:57:38 WIB

Bismillahirrahmanirrahim,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang atas rahmat dan karunia yang dilimpahkanNya kepada kita semua.

Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan segenap umatnya.

Di sekolah atau madrasah, Pendidikan karakter dikaitkan dengan manajemen sekolah. Kepala sekolah dan guru memegang peranan penting dalam merancang, merencanakan, melaksanakan, dan mengontrol kegiatan di sekolah. Situasi ini bisa dijadikan sebagai potensi untuk bisa merancang tujuan pendidikan jangka panjang di sekolah tersebut. Sudah saatnya setiap satuan pendidikan di Indonesia melaksanakan pendidikan karakter di sekolah masing-masing. Guru dituntut untuk selalu mampu mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam setiap mata pelajaran. Dengan demikian setiap satuan pendidikan telah proaktif dalam proses internalisasi dan pengamalan nilai dan norma dalam kehidupan nyata.

Karakter dapat diartikan dengan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan dan perbuatan yang berlandaskan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya dan adat istiadat yang berlaku di lingkungannya. Berbagai riset-riset otak menunjukkan bahwa masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan otak anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah tahun-tahun berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta dilingkungannya sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya.

Raudhatul Athfal (RA) harus memiliki karakter unggul mendidik generasi muda Islam sejak dini dan dapat mengemban amanah serta tanggung jawabnya sebagai panutan awal anak didik. Inilah kelebihannya RA. Sebab, sekarang RA bukan alternatif sekolah TK. Tapi RA adalah pilihan masyarakat, dimana mereka memasukkan anak untuk bekal dan mengenalkan agama Islam sejak dini. RA adalah TK plus karena RA punya kurikulum sama dengan TK tapi plusnya pendidikan agama yg komprehensif bagi anak didik. Untuk itu, RA kedepan harus terus berkembang lebih baik, tidak hanya sebagai lembaga pendidikan dini, tapi juga sebagai embrio mendidik moral generasi muda dan pengenalan agama yg baik.

Saya berpesan kepada Bapak dan Ibu guru khususnya yg bertugas di Roudlotul Athfal Al-Istiqlal untuk benar-benar dapat memberikan ilmunya dengan ikhlas kepada anak didiknya agar dapat menunjang keberhasilan tugas-tugas yang kita.

Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim mari bersama membangun bangsa berbudi luhur dan bermartabat melalui pendidikan usia dini di Roudlotul Athfal. Kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, Semoga Allah SWT

senantiasa memberi petunjuk dan kekuatan kepada kita semua. Amin.

Sekian dan Terima Kasih.

 

Ttd

Kepala Sekolah RA
Hani Chaerunnisa, S.Pd